Islam Mancanegara

Presiden Rouhani: Iran Menyambut Perluasan Hubungan dengan Indonesia

ICC Jakarta – Rouhani Senin (27/2) saat bertemu dengan utusan khusus presiden Indonesia sekaligus Menteri Koordinator Perekonomian Indonesia, Darmin Nasution di Tehran menilai urgen implementasi cepat kesepakatan Tehran dan Jakarta di proses perluasan kerjasama kolektif.

“Perusahaan Iran siap memberikan pelayanan jasa teknis termasuk penyempurnaan dan pengembangan kilang minyak dan berpartisipasi di sektor listrik serta pembangunan jalan di Indonesia,” ungkap Rouhani.

Presiden Iran mengatakan, level hubungan Iran dan Indonesia khususnya di sektor energi harus semakin ditingkatkan mengingat fasilitas dan kemampuan besar yang dimiliki kedua negara. Sementara itu, Darmin Nasution di kesempatan tersebut menekankan negaranya bertekad memperluas kerjasama dengan Iran di seluruh sektor khususnya ekonomi.

Saat bertemu dengan Menlu Mohammad Javad Zarif, Darmin Nasution mengisyaratkan kapasitas kedua negara di sektor ekonomi dan menekankan, hubungan ekonomi Iran dan Indonesia selama tahun-tahun mendatang akan mencapai level yang memuaskan.

Menlu Iran di pertemuan ini menyebut hubungan Iran dan Indonesia di sektor politik dan budaya memuaskan dan mengatakan, hubungan ekonomi Tehran-Indonesia  harus terus dikembangkan. Menteri Koordinator Perekonomian Indonesia tiba di Tehran Sabtu (25/2) untuk berunding dengan petinggi Iran dan memperluas hubungan kedua negara.

Sumber: ABNA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *