Konsultasi Syariah

Was-was dan Memikirkan hal-hal Sensual akan Menggugurkan Taubat?

Pertanyaan:

Saya pernah memikirkan hal-hal sensual, namun empat bulan kemudian saya bertaubat. Terkadang was-was mendatangi pikiran saya apakah taubat saya itu telah gugur?
Jawaban:
Apabila maksud Anda adalah was-was dan memikirkan masalah-masalah sensual (seksual) maka untuk diketahui bahwa melintasnya atau datangnya pikiran-pikiran seperti ini dalam benak berada di luar ikhtiar manusia. Karena itu, was-was seperti ini tidak dapat dikategorikan sebagai dosa atau perbuatan haram lantaran bukan merupakan perbuatan yang didasari oleh ikhtiar.
Hanya saja Anda harus berupaya untuk mencegah supaya pikiran-pikiran negatif dan was-was seperti ini tidak menghiggapi benak Anda. Karena itu, Anda harus   berupaya melenyapkan pendahuluan-pendahuluan munculnya pikiran-pikiran negatif seperti ini.
Namun apabila maksud Anda adalah onani melalui pikiran dan fantasi seksual, tentu saja perbuatan seperti ini haram hukumnya dan harus segera bertaubat. Apabila ia bertaubat dari perbuatan tercela ini dan kembali mengulang perbuatan yang sama maka ia telah melanggar taubatnya. Ia perlu dengan tekad dan semangat yang kuat untuk kembali bertaubat dan memohon bantuan Allah Swt supaya ia tidak lagi mengulangi perbuatan dosa yang berbahaya dan merugikan ini. [Islam Quest]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *