Mahdawiyah

Keadaan pada Masa Sesaat Sebelum Kemunculan Imam Mahdi Afs

ICC Jakarta – Dengan munculnya Imam Mahdi Afs akan membangkitkan cahaya hidayah terakhir yang merupakan rahmat ilahi yang mempunyai tujuan yang sangat besar bagi penyempurnaan setengah jalan risalah para nabi dan auliya Allah SWT.
Sebagian besar riwayat yang bercerita berkenaan dengan kehidupan zaman ini menyebutkan bahwa zaman ini adalah zaman paling gelap dalam kehidupan manusia, dan masa paling kejam dalam sejarah manusia. Sebuah masa yang berlalu sehingga membuat para pemimpin merasa putus asa dan menyerah, sehingga segala urusan ketuhanan yang berhubungan dengan manusia terancam hancur dan hilang.

Riwayat yang meramalkan tentang kehidupan pada masa sesaat sebelum kemunculan ini serta kebangkitan kepemimpinan Imam Mahdi Afs yang dijanjikan dapat digambarkan pada riwayat berikut berikut:
1. Keadaan pemuda sesaat sebelum kemunculan
Pada masa itu, kegoncangan dalam kehidupan perseorangan ini ditandai pada bagaimana keberagamaan, keputusasaan, dan cara manusia menyelesaikan persoalannya dan lainnya. Terkait dengan hal ini Imam Shadiq AS bersabda “Kamu akan melihat para pemuda melalui hari-harinya yang jika dia tidak melakukan dosa besar seperti kekejian, kecurangan, penipuan, atau meminum minuman yang memabukkan, maka ia akan diangap aib yang menyedihkan”. (Muhammad bin Ya’qub al-Kulaini, al-Kafi, Jil. 8, hal. 40, no. 7)
2. Keadaan sebagian para wanita sesaat sebelum kemunculan
Amirul Mukminin Ali AS bersabda, “Pada akhir zaman dimana hari telah dekat kepada kiamat yang merupakan zaman yang paling buruk, akan tampak para wanita yang telanjang, mereka menampakkan perhiasan mereka, mereka masuk kedalam fitnah yang berbahaya dan mengikuti apa yang diinginkan oleh nafsu dan syahwat mereka, mereka berlari menuju kelezatan, menghalalkan apa yang telah diharamkan Tuhan, mereka akan kekal dalam neraka”. (Shaduq, Man la Yahdhuruhul faqih, jil. 3, hal. 390, no. 4374)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *