Info ICC

Kajian Paket Huda II

ICC Jakarta – Al-Qur’an sangat mendorong kaum Muslimin untuk senantiasa menambah ilmu pengetahuan, Allah Swt berfirman:

يَرْفَعِ اللهُ الَّذينَ آمَنُوا مِنْكُمْ وَ الَّذينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجاتٍ وَ اللهُ بِما تَعْمَلُونَ خَبيرٌ

Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan di antara kamu beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (Qs al-Mujadalah [58]: 11)

Sementara Rasulullah Saw bersabda: keutamaan alim atas abid seperti keutamaan bulan atas bintang-bintang pada malam empat empat belas dan sesungguhnya ulama adalah pewaris para Nabi karena para Nabi tidak mewariskan dinar dan dirham melainkan warisan mereka adalah ilmu dan barangsiapa yang memilikinya akan mendapatkan keutamaan. (Kafi, jil. 1, hal. 83)

Hadis ini adalah dalil kuat atas fadhilah ilmu atas ibadah. Tentu saja dalam Islam, sebagaimana yang dijelaskan dalam al-Qur’an tadzib bersanding dengan mencari ilmu-ilmu keagamaan (QS al-Baqarah: 129) dan bahwa tazkiyah lebih muqadam (dahulu) dari pada ta’lim seperti yang dijelaskan dalam Qs al-Jumuah ayat 2:

هُوَ الَّذي بَعَثَ فِي الْأُمِّيِّينَ رَسُولاً مِنْهُمْ يَتْلُوا عَلَيْهِمْ آياتِهِ وَ يُزَكِّيهِمْ وَ يُعَلِّمُهُمُ الْكِتابَ وَ الْحِكْمَةَ وَ إِنْ كانُوا مِنْ قَبْلُ لَفي‏ ضَلالٍ مُبينٍ

“Dia-lah yang mengutus kepada kaum yang buta huruf seorang rasul dari golongan mereka, yang membacakan ayat-ayat-Nya kepada mereka, menyucikan mereka, dan mengajarkan kepada mereka kitab (Al-Qur’an) dan hikmah, meskipun mereka sebelum itu benar-benar terjerumus dalam jurang kesesatan yang nyata.”

Dalam rangka menambah Ma’arif Islam, deputi edukasi dan riset bermaksud hendak mengadakan kajian paket II dengan berbagai tema sebagaimana yang tertera dalam banner.

Untuk mendaftar dan bergabung dengan kelas tersebut, silahkan mengisi formulir dengan tautan berikut: 

Registrasi Short Course

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *