Tanya Jawab

Makna Batini Sungai dalam Al-Qur’an

Pertanyaan:
Apakah yang dimaksud dengan sunga-sungai (anhār)  dalam al-Qur’an?
Jawaban:
Makna lahir sungai-sungai (anhār) adalah apa yang terlintas dalam pikiran kita terkait dengan sungai; yaitu yang kita kenal sebagai sungai yang memiliki aliran air yang besar dan memanjang yang mengalir secara terus-menerus dari hulu (sumber) menuju hilir (muara).
Akan tetapi, mengingat bahwa lafaz-lafaz al-Quran mengandung makna-makna batin maka boleh jadi sungai-sungai itu juga memiliki makna lain. Seperti apa yang disebutkan dalam tafsir ayat ini:
«أَ يَوَدُّ أَحَدُكُمْ أَنْ تَكُونَ لَهُ جَنَّةٌ مِنْ نَخيلٍ وَ أَعْنابٍ تَجْري مِنْ تَحْتِهَا الْأَنْهارُ لَهُ فيها مِنْ كُلِّ الثَّمَرات…»
“Apakah ada orang di antara kamu yang ingin memiliki kebun (terdiri dari) pohon-pohon kurma dan anggur yang di bawahnya mengalir sungai-sungai? Ia memiliki segala macam buah-buahan di dalam kebun itu.” (Qs. al-Baqarah [2]:266)
Dalam tafsir ayat ini  sebagian ahli tafsir berkata bahwa yang dimaksud dengan pemilik kebun di sini adalah Rasulullah Saw dan yang dimaksud dengan kebun adalah syariat Islam, pohon-pohonnya adalah para Imam Ahlulbait As, sungai-sungainya adalah ilmu-ilmu para alim.”[1] [Islam Quest]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *