Islam Mancanegara

Pemimpin Tertinggi Iran Umumkan Berakhirnya ISIS

ICC Jakarta – Pemimpin tertinggi  Iran menyerukan berakhirnya ISIS dan memuji peran negaranya dalam melawan kelompok teroris Negara Islam Irak Suriah tersebut.

Pemimpin tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei dalam sebuah siaran di televisi nasional mengatakan di hadapan para pejuang milisi Basiji di Teheran mereka telah berhasil mengusir dan menghancurkan ISIS.

Dia juga menyebut ISIS sebagai sebuah ‘tumor’ ciptaan Amerika Serikat dan sekutunya.

“Serangkaian rencana yang ditimbulkan Amerika, zionis, kekuatan Arab dan lainnya telah berhasil digagalkan oleh kekuatan Republik Islam (Iran),” ujarnya, Rabu (22/11/2017).

“Dan salah satu rencana tersebut mengambil wujud kelompok murtad ISIS.”

“Syukurlah, mereka sudah dihancurkan dengan usaha orang-orang beriman yang percaya pada kekuatan perlawanan,” kata Ayatollah.

“Di negara ini, Republik Islam, Anda semua kaum muda, berhasil menundukkan AS dan membuatnya berlutut,” tambahnya.

Iran telah mengirimkan ribuan pejuangnya ke Irak dan Suriah untuk melawan ISIS, seperti halnya para pejuang jihad dan kelompok pemberontak Suriah.

Sebelumnya, Presiden Iran Hassan Rouhani pada Selasa (21/11/2017) telah mengumumkan kemenangan atas ISIS di Irak dan Suriah.

Sementara Baghdad dan Damaskus tampaknya masih ragu mengumumkannya, meski mereka telah mengusir kelompok ISIS dari benteng-benteng kota terakhirnya. [Kompas]

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *