Mahdawiyah

Cara Pengikut Syiah Menjalin Hubungan dengan Keempat Duta Khusus Imam As

ICC Jakarta – Pada pembahasn sebelumnya telah diisyaratkan tentang nama-nama duta khusus Imam Zaman Afs pada masa keghaiban beliau. Sekarang kita akan membahas tentang tugas-tugas yang diemban oleh mereka.

Pada awal-awal ketika duta khusus pertama Imam diangkat, kaum syiah masih banyak yang belum mengetahui tentang fungsi dan manfaat adanya duta khusus Imam As tersebut. Hanya segelintir orang saja yang mampu mengambil manfaat dari mereka, sehingga hanya sebagian dari mereka yang menjalin hubungan dengan duta khusus Imam tersebut. Setelah perjuangan para duta khusus Imam As dalam menjelaskan kepada masyarakat tentang makam dan fungsi mereka, maka tak lama setelah itu, barulah makam dan fungsi tentang duta khusus tersebut menjadi jelas dalam benak setiap kaum syiah.

Dengan demikian, hubungan antara kaum syiah dengan Imam Zaman As direlevansikan oleh para duta Imam tersebut. Kaum syiah memaparkan segala masalah-masalah kehidupan yang mereka hadapi dan menyampaikan keinginan-keinganannya kepada duta-duta khususnya untuk kemudian diteruskan kepada Imam Mahdi As. Dan kaum syiahpun pada akhirnya akan mendapat jawaban dari setiap apa yang mereka tanyakan kepada Imam Mahdi As tersebut melalui para duta khusus Imam.

Setelah kaum syiah mengetahui, siapa sajakah orang-orang yang telah diangkat sebagai duta Imam As, maka secara diam-diam, mereka kemudian datang menemuinya untuk mengadukan berbagai permasalahan yang mereka hadapi dalam kehidupannya. Kejadian ini baru tenar dan dimulai pada saat Muhammad bin ‘Utsman menjabat sebagai duta khusus Imam yang kedua dan terus berlanjut hingga duta Imam yang keempat.  (Dars Nameh Mahdawiyat II, Khuda Murad Salimiyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *