Mahdawiyah

Beberapa Tugas Duta-Duta Khusus Imam Zaman Afs – Bagian akhir

ICC Jakarta – Diantara beberapa hal yang wajib dilakukan oleh para duta khusus Imam Mahdi As adalah:

  1. Menjaga kaum syiah dari perpecahan internal

Salah satu tugas penting para duta khusus Imam adalah menjaga kaum syiah dari perpecahan internal. Mereka senantiasa menjelaskan kepada masyarakat tentang hadis Nabi Saw dan para Imam Suci Ahlulbait As yang menjelaskan tentang akan datangnya duabelas khalifah pasca wafatnya Rasulullah Saw, dimana khalifah terakhir tersebut akan ghaib.

Pada akhirnya, keempat duta khusus Imam As ini berhasil dalam menjalankan tugasnya tersebut. Hal itu terlihat bahwa selama Imam Mahdi As berada dalam keghaiban shughra, tidak terdapat perpecahan dalam tubuh kaum syiah.

       2.  Melawan para pembohong yang mengaku sebagai duta Imam As

Salah satu tugas penting lainnya yang di emban oleh para duta khusus Imam Mahdi As adalah mereka harus melawan para pembohong yang mengumumkan dirinya sebagai duta Imam Mahdi As.

Tugas ini tentulah tidak mudah mereka jalankan. Karena tanpa petunjuk dari Imam Mahdi As melalui tawqi’-nya, maka tidak mungkin mereka akan mengetahui akan hal itu[1]

    3.  Mengelola harta milik Imam As

Setiap duta duta khusus ketika menjabat sebagai duta khusus Imam As, maka ketika itu pula ia memiliki wewenang untuk mengambil harta (misalnya uang khumus) dari kaum syiah, karena pada dasarnya harta tersebut adalah milik Imam Mahdi As. Kemudian, dengan seijin Imam As, merekapun akan mengelola harta tersebut untuk keperluan kaum syiah.[]  (Dars Nameh Mahdawiyat II, Khuda Murad Salimiyan)

Catatan Kaki

[1]. Muhammad Hasan Thusi, Kitâb al-Ghaibah, Qum, Muassasah Ma’arif Islami, 1411 HQ , hal 244.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *