Islam Indonesia

Quraish Shihab Sebut Interaksi dengan Al-Qur’an Bisa Datangkan Ilham

ICC Jakarta – Kepala Pusat Studi Al-Quran (PSQ) Prof Muhammad Quraish Shihab menyampaikan tentang pentingnya berinteraksi dengan Al-Qur’an di saat terdapat sementara orang, terlebih orientalis yang mempelajari Al-Qur’an, namun tidak berinteraksi dengannya.

“Yang terpenting itu adalah menjalin hubungan kasih dengan Al-Qur’an. Kalau tidak baca Al-Qur’an, bosan, tidak akan dapat,” kata Quraish Shihab pada acara Temu Alumni Baitul Qur’an di Pesantren Dar Al-Qur’an Arjawinangun, Cirebon, Jawa barat, Senin (8/1) malam.
Untuk memudahkan maksudnya, pria yang menjabat Menteri Agama Republik Indonesia pada 1998 ini pun mengemukakan sebuah analogi.
“Semakin dekat Anda dengan seseorang, semakin banyak rahasianya yang disampaikan kepada Anda.  Benar? Semakin jauh, tidak akan dia sampaikan rahasia. Jadi, dekatlah pada Al-Quran,” katanya.
Melalui interaksi dengan Al-Qur’an, kata penulis buku Tafsir Al-Misbah ini, tidak jarang terlintas sebuah ide atau pandangan yang bisa jadi belum tentu diketahui oleh orang-orang dahulu.
“Karena Anda diilhami, diberitahu oleh Al-Qur’an bahwa ini maknanya. Itulah terpenting dan itu yang saya katakan tidak didapat kecuali di pesantren,” katanya.
Selain Quraish Shihab, terdapat tiga ahli tafsir lain yang menjadi pembicara pada acara tersebut, yaitu Pengasuh Pesantren Darul Qur’an KH Ahsin Sakho Muhammad, Pengasuh Pesantren Dar At-Tauhid KH Husein Muhammad, dan Manajer Program di PSQ Mukhlis Hanafi. (Husni Sahal/Fathoni-Nu or.id)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *