Info ICC

Ikuti Launching Unit Layanan Konseling ICC dan Seminar Parenting di ICC Jakarta

ICC Jakarta – Ajaran agama telah memberikan panduan untuk mendidik bagaimana mempersiapkan dan menghasilkan anak solehah. Dalam Islam, terdapat tahapan-tahapan yang harus diperhatikan oleh orang tua untuk mendidik mereka. Jika orang tua mampu menjalankan bimbingan yang tepat pada setiap jenjangnya, maka anak akan berkembang dengan baik karena kebutuhan pada saat usia tertentu dapat terpenuhi.

Terdapat satu hadis dari Imam Ja’far Sahdiq as, “Jika seorang anak sudah mencapai usia tiga tahun, katakan kepadanya, ‘Nak, ucapkan sebanyak tujuh kali ‘la Ilaha illallah’’. Kemudian biarkan dia hingga genap berusia tiga tahun tujuh bulan dua puluh hari, lalu katakan kepadanya, ‘Nak, ucapkan ‘Muhammad Rasulullah saw’’ sebanyak tujuh kali dan biarkan dia. Ketika dia genap berusia empat tahun, katakan kepadanya, ‘Nak, ucapkan sebanyak tujuh kali, ‘Allhumma shalli ‘ala Muhammad wa ali Muhammad,’ kemudian biarkan dia hingga dia genap berusia lima tahun. Pada usia lima tahun, katakan kepadanya, ‘Mana tangan kananmu dan mana tangan kirimu?’ Jika dia sudah mengetahuinya, maka arahkan wajahnya ke arah kiblat dan katakan kepadanya, ‘Nak, kamu harus sujud.’ Kemudian biarkan dia hingga genap berusia enam tahun. Ketika sudah genap enam tahun, ajak dia salat dan ajarkan dia rukuk dan sujud hingga dia berusia tujuh tahun. Ketika sudah genap tujuh tahun, katakan kepadanya, ‘Nak, basuh wajahmu dan kedua tanganmu.’ Ketika dia sudah membasuh keduanya, katakan kepadanya, ‘Salatlah.’ Terus lakukan hal ini sampai dia berusia sembilan tahun. Ketika dia sudah genap sembilan tahun, ajarkan kepadanya tata cara wudu dan berikan contoh kepadanya. Ajarkan kepadanya salat, dan berikan contohnya.” (Wasa’il al- Syi’ah, jil. 15, hal. 193)

Bagaimana mendidik kids jaman now? Ikuti Launching Unit Layanan Konseling ICC  dan seminar  parenting dengan tema “Membangun Mentalitas dan Spiritualitas Keluarga” yang diadakan oleh ICC Jakarta dengan menghadirkan Dr. Jalaluddin Rakhmat dan M. Sc dan Rahmadani Hidayatin, S. Psi, Psikolog M. Kes sebagai narasumber. Acara ini akan diadakan pada hari Ahad, 21 Januari 2017 pukul 14.00-17.00 di Ruang Kuliah Lantai 3 ICC Jakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *