Mahdawiyah

Kemiripan Imam Zaman Afs Dengan Nabi Ulul Azmi

ICC Jakarta – Dalam riwayat-riwayat Islam disebutkan tentang terdapatnya banyak kemiripan-kemiripan fisik dan spiritual yang dimiliki oleh Imam Mahdi Ajf dengan sebagian dari para nabi. Sebagian dari kemiripan-kemiripan ini telah dikumpulkan dalam kitab Mikyâl al-Makârim dan kitab-kitab lainnya, seperti:

  1. Kemiripan Imam Mahdi Ajf dengan Rasulullah Saw

Telah diriwayatkan dari Rasulullah bahwa beliau bersabda, “Mahdi adalah salah satu dari putra-putraku, namanya adalah namaku, julukannya adalah julukanku (kuniyah) dan dari sisi penciptaan (khalq) dan akhlak, ia adalah orang yang paling mirip denganku.”

Dari riwayat ini bisa diketahui bahwa Imam Mahdi Ajf adalah yang paling mirip dari sisi wajah dan bentuk lahiriah, akhlak, perilaku dan gerak-gerik Rasulullah Muhammad Saw.[1]

  1. Kemiripan Imam Mahdi Ajf dengan Nabi Ibrahim As

Telah diriwayatkan dari Imam Shadiq As bahwa pertumbuhan nabi Ibrahim As tidak sebagaimana anak-anak biasa, dalam satu hari ia akan tumbuh setara dengan pertumbuhan anak-anak dalam satu pekan. Demikian pula pertumbuhan Al-Qaim Ajf berdasarkan yang telah diriwayatkan oleh Hakimah.[2]

  1. Kemiripan Imam Mahdi dengan Nabi Musa As

Imam Zainal Abidin As dalam penggalan dari sebuah riwayat bersabda, “Musa As memiliki dua gaib dari kaumnya dimana yang satu lebih panjang dari yang lainnya, gaib pertama terjadi di Mesir, sedangkan gaib kedua adalah saat ia pergi ke miqad Tuhannya. Dan, al-Qaim Ajf juga memiliki dua gaib dimana yang satu lebih panjang dari yang lainnya.[3]

  1. Kemiripan Imam Mahdi Ajf dengan Nabi Isa As
  1. Imam Baqir As bersabda, “Sedangkan kemiripan beliau dengan Isa As adalah adanya perbedaan pendapat di kalangan masyarakat, dimana sebagian dari mereka mengatakan bahwa ia masih belum dilahirkan ke dunia, sekelompok mengatakan telah meninggal, sedangkan yang lain mengatakan telah meninggal dan digantung. Demikian jugalah perbedaan pendapat yang berkaitan dengan Imam Mahid Ajf.”
  2. Sebagaimana Isa As merupakan putra dari perempuan terbaik pada masanya, bercakap dalam perut ibunya dan berbicara dalam buaian, kemudian Allah mengangkatnya ke langit, dan mampu menghidupakan yang telah mati atas izin Allah, maka demikian pula yang terjadi dengan Imam Mahdi Ajf.
  1. Kemiripan Imam Mahdi Ajf dengan Nabi Nuh As
  1. Imam Zainal Abidin As bersabda, “Pada  diri al-Qaim Ajf terdapat sunnah Nuh, yang tak lain adalah umurnya yang sangat panjang.”[4]
  2. Nuh As membersihkan tanahnya dari para kafir dengan perkataannya dan mengatakan bahwa Allah tidak akan meninggalkan seorang pun dari kafir di muka bumi,[5]demikian juga dengan al-Qaim, Allah akan mensucikan bumi dari keberadaan para kafir sehingga tidak ada sedikitpun bekas dari mereka.[6] (Islamquest)

Foot Note:


[1]. Sayyid Muhammad Taqi Musawi Ishfahani, Mikyâl al-Makârim, jil. 1, hal. 320.

[2]. Muhammad Baqir Majlisi, Bihâr al-Anwâr, jil. 51, dan jil. 12, hal. 19, menyebutkan perumpamaan atas pertumbuhan yang cepat dan tak wajar.

[3]. Sayyid Muhammad Taqi Musawi Ishfahani, Mikyâl al-Makârim, jil. 1, hal. 329.

[4]. Amin al-Islam Fadhl bin Hasan Thabarsi, A’lâm al-Wara, jil. 1, hal. 322.

[5]“Nuh berkata, “Ya Tuhan-ku, janganlah Engkau biarkan seorang pun di antara orang-orang kafir itu tinggal di atas bumi.” (Qs. Nuh [71]: 26).

[6]. Sayyid Muhammad Taqi Musawi Ishfahani, Mikyâl al-Makârim, jil. 1, hal. 259.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *