Fikih Info ICC

Shalat Ayat di ICC Jakarta, 31 Januari 2018

ICC Jakarta – Salat Ayat termasuk salah satu  salat wajib yang harus dikerjakan bagi para mukalaf saat terjadi peristiwa-peristiwa alam khusus.  Pelaksanaan salat ayat ini menunjukkan bahwa kejadian-kejadian semacam ini merupakan tanda-tanda akan kekuasaan  Allah, keteraturan, dan kedetailan alam tabiat. Pelaksanaan salat ini mencegah manusia dari khurafat dan takhayul yang tak berguna serta menghadapkan pada sang pencipta alam semesta dan juga menghilangkan rasa ketakutan dari fenomena yang terjadi pada alam semesta dan mendatangkan ketenangan hati.

Waktu salat husuf (gerhana bulan) dimulai sejak dimulai gerhana sampai selesai. Sebaiknya seorang muslim tidak  tidak menunda-nunda mengerjakannya dari mulai terjadinya gerhana bulan.

Tata Cara Mengerjakan Salat Ayat
Salat Ayat terdiri dari dua rakaat dan di setiap rakaat terdiri dari lima rukuk.

Dalam salat Ayat, sebelum melakukan rukuk, membaca  surah al-Fatihah dan Surah lain dari  al-Quran, dengan demikian, dalam dua rakaat, membaca surah al-Fatihah sepuluh kali dan Surah yang lainnya sepuluh kali juga

Cara lainnya adalah dengan membagi satu surah menjadi lima bagian dan sebelum dengan demikian dalam dua rakaat membaca dua surah al-Fatihah dan dua surah lainnya.

Contoh cara melaksanakan salat ayat dengan membagi surah al-Ikhlas menjadi lima bagian.

Rakaat Pertama

  1. Membaca surah al-Fatihah dan Bismillahi rahmani rahim kemudian rukuk
  2. Bangun dari ruku dan membaca Qul huwa llahu ahad kemudian rukuk
  3. Bangun dari ruku dan membaca Allahu shamad kemudian rukuk
  4. Bangun dan membaca Lam yalid wa lam yulad kemudian rukuk
  5. Bangun dan membaca Walam yakun lahu kufuwan ahad kemudian rukuk
  6. Bangun dan sujud dua kali kemudian bangun berdiri untuk rakaat kedua.

Rakaat Kedua

Rakaat kedua seperti rakaat pertama kemudian membaca tasyahud dan salam.

Sehubungan terjadinya gerhana bulan pada tanggal 31 Januari 2018, diberitahukan kepada mukminin dan mukminat,  Insyaallah akan dilaksanakan shalat ayat berjamaah bersama Hojjatul Islam wal Muslimin Syaikh Hakim Elahi, setelah shalat Maghrib dan Isya’ di Husainiyyah ICC Jakarta setelah shalat Maghrib dan Isya’. [SZ]

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *