Info ICC

Capaian Pendidikan Karakter Remaja Menurut Rahbar

ICC Jakarta – Istilah karakter sering dihubungkan dengan istilah etika, ahlak, dan atau nilai dan berkaitan dengan kekuatan moral, berkonotasi positif, bukan netral. Sedangkan Karakter menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (2008) merupakan sifat-sifat kejiwaan, akhlak atau budi pekerti yang membedakan seseorang dari yang lain. Dengan demikian karakter adalah nilai-nilai yang unik-baik yang terpateri dalam diri dan terejawantahkan dalam perilaku. Karakter secara koheren memancar dari hasil olah pikir, olah hati, olah rasa dan karsa, serta olahraga seseorang atau sekelompok orang.

Mengingat karakter seseorang dibentuk oleh minimal dua faktor: faktor genetik dan lingkungan, maka orang tua harus mengupayakan lingkungan yang baik sebagai lahan untuk tumbuh dan berkembang buah hatinya.

Faktor lingkungan dalam konteks pendidikan karakter memiliki peran yang sangat penting karena perubahan perilaku peserta didik sebagai hasil dari proses pendidikan karakter sangat ditentukan oleh faktor lingkungan ini. Pembentukan karakter melalui rekasyasa faktor lingkungan dapat dilakukan melalui strategi keteladanan, intervensi, pembiasaan yang dilakukan secara konsisten dan penguatan. Perkembangan dan pembentukan karakter memerlukan pengembangan keteladanan yang ditularkan, intervensi melalui proses pembelajaran, pelatihan, pembiasaan terus-menerus dalam jangka panjang yang dilakukan secara konsisten dan penguatan serta harus dibarengi dengan nilai-nilai luhur.

Sedangkan Rahbar, Imam Ali Khamenei memaparkan bahwa capaian pendidikan karakter remaja: Dengan pendidikan, kita bentuk karakter remaja yang sabar, memiliki keyakinan, mampu bekerja dalam tim, toleran, rasional, adil dan disiplin.

Untuk mengupayakan hal itu, ULC-ICC Jakarta membuka layanan konseling dalam program-program seperti: sosialisasi dan pendidikan model keluarga Islami, seminar, parenting skill training, life skill training dan lain-lainnya. Ikuti program-program layanan ini dengan dipandu oleh seorang yang kompeten dibidangnya, Rahmadani Hidayatin, M, Kes, Psikolog dan Tim. []

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *