Info ICC

The 3st Parenting Class: Anak dan Remaja Dalam Tinjauan Sosial, 8 April 2018

ICC Jakarta – Fase remaja adalah bagian dari perkembangan individu yang sangat penting di awali dengan matangnya organ-organ fisik (seksual) sehingga mampu berproduksi. Kata remaja berarti tumbuh atau tumbuh untuk masak, menjadi dewasa. Dalam pemakaiannya istilah remaja disamakan dengan  adolecen. Adolecen maupun  remaja menggambarkan seluruh perkembangan remaja baik perkembangan fisik, intelektual, emosi dan social.

Masa remaja di tinjau dari rentang kehidupan manusia merupakan masa peralihan dari masa kanak-kanak ke masa dewasa. WHO menetapkan batas usia 10-20 tahun sebagai batasan usia remaja. WHO menyatakan walaupun definisi di atas terutama di dasarkan pada usia kesuburan (fertilitas) wanita, batasan tersebut berlaku juga untuk remaja pria dan WHO membagi kurung usia dalam dua bagian, yaitu remaja awal 10-14 tahun dan remaja akhir 15-20 tahun.

Pada masa remaja berkembang “social cognition” yaitu kemampuan untuk memahami orang lain. Remaja memahami orang lain sebagai individu yang unik, baik menyangkut sifat-sifat peribadi, minat nilai-nilai maupun perasaan. Pemahamannya ini, mendorong remaja untuk menjalin hubungan sosial yang lebih akrap dengan mereka (terutama teman sebaya),baik melalui jalinan persahabatan. Dalam hubungan persahabatan, remaja memilih teman yang memiliki kualitas psikologis yang relatif sama dengan dirinya, baik menyangkut interes, sikap, nilai, dan kepribadian.

Pada masa ini juga berkembang sikap ‘conformity” yaitu kecenderungan untuk menyerah atau mengikuti opini, pendapat, nilai, kebiasaan, kegemaran (hobby) atau keinginan orang lain (teman sebaya). Perkembangan sikap konformitas pada remaja dapat memberikan dampak yang positif maupun yang negatif bagi dirinya.

Penyesuaian sosial ini dapat diartikan sebagai “kemampuan untuk mereaksi secara tepat terhadap realitas sosial, situasi, dan relasi. Remaja dituntut untuk memiliki kemampuan penyesuaian sosial ini, baik dalam lingkungan keluarga, sosial dan masyarakat.

Bagaimana cara menumbuhkan kemampuan penyesuaian sosial pada remaja? Ikuti dan bergabunglah pada acara The  3st Parenting Class dengan tema Anak dan Remaja Dalam Tinjauan Sosial dengan menghadirkan  Ust. Musa Al-Habsyi, M. Si.  sebagai narasumber. Acara ini diselenggarakan oleh Unit Layanan Konseling (ULK)-ICC pada hari Ahad, 8 April 2018, jam. 15.00-16.30 WIB, di ruang kuliah, lantai 2 Gedung ICC Jakarta.

Buruan, daftarkan diri Anda ke Sdri Ayi Rabiah dengan no Hp 088212159776 (WA)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *