Info ICC

Program Majelis Ilmu di ICC Jakarta Pada Bulan Ramadhan 1439 H

ICC Jakarta – Dalam berbagai firman-Nya, Islam sangat menjunjung tinggi ilmu pengetahuan, diantaranya: “Allah menyatakan bahwasannya tidak ada Tuhan melainkan Dia, Yang menegakkan keadilan. Para malaikat dan orang-orang yang berilmu (juga menyatakan yang demikian itu)…” (QS:3;18)

Dalam ayat ini setelah Allah SWT. mengawali dengan menyebut diri-Nya, kemudian malaikat-Nya, Allah menyebut orang-orang yang berilmu. Dan ini adalah sebuah keutamaan besar yang disematkan untuk mereka. Dalam firman-Nya yang lain berisi tentang keniscayaan-Nya untuk meninggikan orang-orang yang beriman dan diberilmu beberapa derajat diantara manusia.(QS:58;11).

Masih mengenai keutamaan ilmu, Allah dalam  firman-Nya:  Adakah sama orang-orang yang mengetahui dengan orang-orang yang tidak mengetahui.(QS:39;9) dan Sesungguhnya yang takut kepada Allah di antara hamba-hamba-Nya, hanyalah ulama’.(QS:35;28) dan tak lupa bahwa ayat pertama yang turun kepada Nabi Muhammad saw adalah memerintahkan agar membaca dengan nama Tuhan disamping adanya sabda Nabi saw kepada Imam Ali as.:

Hai Ali, tidurnya orang yang alim (pandai) lebih utama dari ibadahnya orang yang abid (tapi jahil). Hai Ali, salat dua raka’at yang dilakukan orang alim lebih utama dari seribu raka’at salat orang abid. Hai Ali, tiada kefakiran lebih dari kejahilan dan tiada ibadah lebih dari tafakkur.

Bertolak dari keutamaan ilmu diatas, ICC Jakarta akan mengadakan majelis ilmu dalam bulan yang agung ini dengan menghadirkan ragam pembicara dan narasumber dan waktu yang telah ditentukan sebagaimana yang tercantum dalam poster. Semoga kita termasuk sebagai orang-orang yang bisa memanfaatkan kesempatan emas di bulan perjamuan Ilahi ini. [SZ]

One thought on “Program Majelis Ilmu di ICC Jakarta Pada Bulan Ramadhan 1439 H

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *