Mozaik

Masjid Akbar Surabaya, Sosok Masjid yang Menjadi Pilar Aktivitas Sosial

ICC Jakarta – Masjid Al-Akbar yang berada di Surabaya. Masjid yang berdiri pada tanggal 4 Agustus 1995 atas gagasan walikota ini merupakan masjid terbesar ketiga di Indonesia. Keunikan dari masjid yang diresmikan oleh mantan presiden KH Abdurrahman Wahid pada tanggal 10 November 2000 silam ini terletak pada desain arsitektur yang unik tapi modern seperti pada kubahnya seperti daun berwarna biru hijau.

Masjid Al Akbar Surabaya (MAS) menjadi salah satu potret sosok masjid yang menjadi pilar aktivitas sosial. Masjid itu menjadi masjid terbesar di Indonesia, yang mendampingi sekaligus melengkapi masjid yang dimiliki Indonesia sebelumnya, Masjid Istiqlal Jakarta. Masjid ini mulai dibangun pada 4 Agustus 1995-ditandai peletakan batu pertama oleh wakil presiden Try Sutrisno. Masjid ini mampu menampung 30.000 jama’ah.

Masjid Al-Akbar Surabaya yang berdiri di atas lahan seluas 11.2 hektar juga ini juga memiliki menara setinggi 99 meter. Dari menara, pengunjung bisa menikmati pemandangan tiga kota sekaligus yaitu kota Surabaya, Sidoarjo, dan Bangkalan.

Pintu masuknya ada 45 pintu utama yang terbuat dari kayu jati. Selain itu, di masjid ini juga ada ornamen kaligrafi dengan panjang 180 meter dan lebar 1 meter. Masjid ini berlokasi di jalan Pagesangan, Kecamatan Jambangan, Surabaya. []

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *