Ahlulbait

Tiga Jenis Pembunuh Imam Husain as dalam Perspektif Ayatullah Murtadha Muthahhari

ICC Jakarta – Peristiwa Asyura selalu memberi pelajaran kepada kita semua. Terlalu banyak sisi-sisi yang perlu dikasji dan dipelajari dan selanjutnya dijadikan pelajaran untuk diambil hikmahnya dalam kehidupan sehari-hari. Jika kita cermati lebih lanjut, maka minimal ada tiga jenis pembunuh Imam Husain as:

1) Pembunuh Jasad Imam Husein As

Seperti mereka yang berada di Karbala dan tergabung dalam pasukan Yazid dan Ibnu Ziyad, yang melakukan pembantaian sadis secara fisik.

2) Pembunuh Kehormatan dan Nama Baik Imam Husain As

Mereka yang menolak perjuangannya, meyakini dan menyebut Imam Husain as sebagai pemberontak yang memang layak dibunuh dan tidak usah diingat-ingat lagi.

Termasuk mereka yang meyakini Imam Husain as berada pada pihak yang benar dan gugur sebagai syuhada, namun tetap memberi pembelaan kepada para pembunuhnya dan menekankan kepada ummat untuk melupakan saja peristiwa itu, lebih jauh memusuhi dan menghalangi mereka yang mengadakan atau ingin mengadakan majelis-majelis duka mengenang tragedi sejarah 10 Muharam 61 H dimana Imam Husain as, keluarga dan pengikutnya syahid di Karbala (Irak).

3) Pembunuh Semangat Perjuangan Imam Husain As

Mereka yang mengaku sangat mencintai Imam Husain as

Mengadakan majelis duka untuk beliau

Namun sikap dan perilaku sehari-harinya justru bertentangan dengan nilai-nilai yang dibawa dan diperjuangkan oleh Imam Husain as. di Karbala, seperti

Berbuat tidak adil,

Ingkar janji,

Lalai terhadap mustadhafin,

Berpihak kepada musuh karena harta dan Jabatan atau karena takut,

Tidak beramar ma’ruf nahi munkar,

Menyepelekan fikih dan syariat dan lain-lain.

Semoga kita semua terhindar dari ketiga jenis ini… Amin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *