Mozaik

Kelompok Teater Kanada Pentaskan Realitas Kehidupan Muslim

ICC Jakarta – Kelompok teater muslim Kanada pertama, Silk Road Theatre resmi meluncurkan pentas drama The Domestic Crusaders. Kelompok teater itu berbasis di Montreal, Kanada dan memiliki tujuan untuk menyampaikan keberagaman pola pikir masyarakat Muslim.

“Gagasannya adalah mempromosikan ruang agar kami bisa bercerita dan menjelajahi realitas hidup kami sebagai minoritas. Kami juga ingin memastikan agar hal yang disampaikan terkait Muslim tidak hanya seperti yang sering muncul di media,” kata Wakil Ketua Silk Road Institute Bochra Manai dikutip dari National Observer Canada, Jumat (28/9).

Kelompok tersebut memilih drama karya Wajahat Ali karena memiliki pesan yang kuat. Drama yang pertama kali diproduksi pada 2005 itu mengisahkan tentang keluarga Pakistan-Amerika menghadapi peristiwa pasca-11 September 2001. Sentimen anti- Muslim relatif cukup tinggi di Quebec dibandingkan provinsi lain di Kanada berdasarkan sebuah kajian akademis pada Mei lalu.

Beberapa aksi kekerasan pun kerap menimbulkan citra negatif pada Muslim. Ke depannya, pentas drama tersebut juga akan ditampilkan dalam bahasa Prancis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *