Islam Mancanegara

HAMAS Merayakan Hari Jadi ke-31 dengan Parade Militer Rudal Terbaru

Hamas didirikan pada 1987 segera setelah Intifada Palestina pertama atau pemberontakan meletus terhadap pendudukan Israel. Gerakan itu telah mengatur Gaza sejak 2007 ketika mencetak kemenangan mengejutkan di parlemen.

Pada hari Sabtu, (15/12) Hamas menandai ulang tahun organisasinya dengan parade militer dengan menampilkan peralata tempur  sebagai pertahanan baru gerakan perlawanan Palestina. Anggota-anggota gerakan militer kelompok itu, Brigade Izzddin al-Qassam, memamerkan berbagai kendaraan dan senjata militer.

Upacara itu diadakan di kota selatan Khan Yunis di Jalur Gaza yang diperintah oleh gerakan tersebut. Unit-unit khusus gerakan itu menampilkan banyak sistem pertahanan rudal yang dipasang di truk diarak di jalan-jalan.

Gerakan ini juga menghormati para pejuangnya yang keluar dan menetralkan infiltrasi Israel di dekat Khan Yunis bulan lalu. Pasukan khusus Israel menyamar masuk ke wilayah itu dalam mobil sipil dekat Khan Yunis, melepaskan tembakan dan membunuh komandan lokal Noor Baraka ketika mereka ditemukan.

Unit itu dikejar oleh pejuang Hamas yang membunuh seorang perwira Israel peringkat. Israel kemudian meluncurkan lusinan serangan udara di Gaza, yang memancing pembalasan Hamas. Selama dua hari bergejolak, lebih dari 500 roket ditembakkan ke Israel, memaksa Tel Aviv untuk menerima pernyataan gencatan senjata yang tergesa-gesa.

Sebuah kata bahasa Arab yang secara harfiah diterjemahkan menjadi “bergetar”, Intifada telah digunakan untuk merujuk pada cara perlawanan yang sah melawan penindasan di Timur Tengah selama beberapa dekade. Dalam konflik Arab-Israel, itu berarti upaya Palestina bersama untuk melepaskan penjajahan Israel dan memperoleh kemerdekaan. (presstv)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *