Islam Mancanegara

Sekjen Hizbullah: Iran, Negara Paling Berpengaruh di Timteng

ICC Jakarta – Sekjen Hizbullah Lebanon, Sayid Hassan Nasrullah menyebut Republik Islam Iran sebagai negara yang paling berpengaruh di kawasan Timur Tengah

Sayid Nasrullah dalam acara peringatan 40 tahun kemenangan Revolusi Islam Iran di Beirut Rabu malam  (6/2) mengatakan, Iran termasuk sedikit negara di dunia yang mengambil keputusan nasionalnya secara independen.

Menurutnya, sejumlah lembaga internasional selama beberapa tahun terakhir menempatkan Iran di posisi 13 negara paling berpengaruh di dunia, dan sebagian organisasi lain meletakkannya di posisi sembilan. 

Sekjen Hizbullah Lebanon memandang revolusi yang terjadi di Iran 40 tahun lalu sebagai revolusi Islam sekaligus revolusi rakyat yang mengusung nilai-nilai moralitas dan keyakinan masyarakat Iran.

“Salah satu karakteristik penting Revolusi Islam Iran adalah resistensi, perjuangan dan ketangguhan rakyat Iran,” papar Nasrullah dalam pidatonya di ibu kota Lebanon kemarin.

Mengenai permusuhan AS bersama sekutunya terhadap Iran, Sekjen Hizbullah menjelaskan, “Iran dimusuhi dan dijatuhi sanksi oleh AS karena independensinya dan dukungan negara ini terhadap kaum tertindas, terutama Palestina,”.

Sumber: Parstoday

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *