Info ICC

Keutamaan Fatimah Zahra sebagai Sentra Ahlul Bait As

ICC Jakarta – Peringatan kesyahadahan Sayidah Zahra kembali di gelar pada tadi malam, 8/2.  Hadir sebagai pembicara adalah Ust. Husein Syahab.

Ust Husein menjelaskan bahwa hampir seluruh ulama ahli tafsir mengatakan bahwa ada 60 ayat yang berkaitan dengan Sayyidah Fathimah. Sebgaian dari 60 ayat ini merupakan ayat /surah khusus yang berkenaan dengan Sayyidah Fathimah, dan sebagiannya bersifat umum untuk Ahlul Bait.

Keutamaan Sayidah Zahra yang lainnya adalah ia merupakan bagian dari empat perempuan mulia dan teladan sepanjang masa, disamping Asiyah binti Muzahim, Maryam binti Imran dan Khadijah binti Khuwalid.

Jika ditelusuri lebih lanjut, terdapat hadist nabi yang mengatakan tidak ada perempuan  yang lebih mulia dari Sayyidah Fathimah, karena nabi pernah mengatakan:

سيدة النساء اهل الجنة

Keutamaan Fatimah bukan hanya di alam semesta, tapi juga diantara para ahli syurga.

Dalam sholatawat pun, Sayyidah Fathimah menjadi sentral

اللهم صل على فاطمة وأبيها وبعلها وبنيها وسر المستودع فيها

Meskipun Nabi telah menjelaskan keutamaan-keutamaan Sayidah Zahra, namun sayangnya banyak orang tidak tahu siapa itu Sayyidah Fathimah. Oleh karena itu diperlukan kajian dan telaah terhadap pribadi Sayyidah Fathimah, sehingga kita bisa lebih kenal kepada sayyidah.

Dalam paparan selanjutnya, Ust Husein Syahab menelaskan tentang keutamaan Sayidah Zahra dalam surah al-Kautsar.

Ayat ini turun kepada Rasulullah karena beliau diejek oleh kaum musyrik dan munafiq sebagai laki-laki yang tidak memiliki keturunan. Pada akhirnya Allah menurunkan surat al kautsar. Para ahli tafsir mengatakan bahwa al kautsar adalah nikmat yang banyak dan hal itu adalah keturunan yang berasal dari Rasulullah.

Rasulullah bersabda:

 كل سَبَبٍ ونَسب مُنقطعٌ يوم القيامة غيرَ سَبَبي ونَسَبي

Sesungguhnya seluruh keturunan akan terpotong hingga hari kiamat, kecuali keturunanku.

Ketika Imam Ja’far ditanya oleh seorang arab Badui mengapa walaupun Ahlulbayt dibunuh, namun justru  bertambah banyak, Imam jafar menjawab dengan perumpamaan anjing dan kambing. Semakin banyak anjing disembelih, maka semakin banyak pula kambing yang lahir dan mengalahkn jumlah anjing meskipun tidak disembelih.

Ayat lain yang berkenaan dengan Sayidah Zahra adalah surah al-Isra ayat

وَآتِ ذَا الْقُرْبَىٰ حَقَّهُ وَالْمِسْكِينَ وَابْنَ السَّبِيلِ وَلَا تُبَذِّرْ تَبْذِيرًا

Berdasarkan penjelasan Ibnu Abbas, ayat ini berkaitan dengan tanah Fadak. Rasul memberikan Fadak kepada Sayidah Zahra sebagai hadiah setelah perang Khaibar. Karena ketakuatannya kepada kekuatan Islam, akhirnya kaum Yahudi mendatangi Rasul dan menyatakan perdamaian serta memberikan tanah kepada Rasul yang kemudian hari diberikan kepada putrinya.

Acara berlangsung dengan khidmat dan syahdu dengan dihadiri oleh para pecinta Ahlul Bait. [SH/SZ]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *