Islam Mancanegara

Pesan Tahun Baru 1398 S oleh Imam Ali Khamenei

ICC Jakarta – Pemimpin Besar Revolusi Islam Iran Ayatullah al-Udzma Sayid Ali Khamenei menamai Tahun Baru 1398 Hs sebagai “Tahun Perkembangan Produksi.” Hal itu disampaikan Ayatullah Khamenei dalam pesannya pada Kamis pagi, 21 Maret 2019 menandai Tahun Baru Hijriah Syamsiah, 1 Farvardin 1398 Hs.

Rahbar mengucapkan selamat atas datangnya Nowruz dan menyerukan kepada pemerintah dan rakyat Republik Islam Iran untuk meningkatkan produksi negara sebagai upaya untuk memecahkan masalah ekonomi dan mengurangi ketergantungan kepada pihak asing.

Ayatullah Khamenei juga memuji kewaspadaan, ketabahan dan kehati-hatian bangsa Iran dalam menghadapi berbagai konspirasi musuh.

Berikut adalah teks lengkap pesan Rahbar:

Bismillahirrahmanirrahim

“Duhai Dzat Yang Membolak-balikkan hati dan pandangan, duhai Dzat Yang Mengatur malam dan siang, duhai Dzat Yang Mengubah daya dan semua keadaan, ubahlah keadaan kami pada keadaan yang paling baik.”

Saya bersyukur kepada Allah Swt yang telah memberi saya kesempatan tahun ini, seperti tahun-tahun sebelumnya, untuk menyampaikan selamat kepada bangsa tercinta Iran atas kedatangan Nowruz, yang bertepatan dengan kelahiran Imam Ali as, imam bagi orang-orang yang bertakwa.

Selamat Tahun Baru, saudara-saudara sebangsa yang tercinta! Saya harap Anda semua akan melewati Tahun Baru dengan kebahagiaan, kesehatan fisik, hati yang penuh sukacita dan pencapaian materi dan spiritual yang terus meningkat, Insya Allah.

Saya mengucapkan selamat khusus kepada keluarga para Syuhada yang terhormat dan veteran perang yang cacat beserta keluarga mereka, dan doa saya panjatkan kepada Allah Swt untuk almarhum Imam Khomeini ra dan para Syuhada.

Kita telah melewati tahun yang penuh dengan petualangan dan peristiwa. Pada tahun lalu, bangsa Iran bersinar benerang dalam arti yang sebenarnya. Musuh telah membuat banyak plot dan konpirasi dan mengatur skema dan rencana untuk bangsa Iran. Kekuatan dan kewaspadaan bangsa Iran serta upaya para pemuda negara ini telah menggagalkan konspirasi-konspirasi musuh.

Rakyat Iran juga telah menunjukkan reaksi kuat terhadap sanksi-sanksi berat yang belum pernah terjadi sebelumnya, yang diberlakukan oleh Amerika Serikat dan Eropa, baik di bidang politik maupun ekonomi.

Manifestasi dari reaksi itu di bidang politik adalah partisipasi besar rakyat Iran dalam Pawai 22 Bahman (11 Februari) dan posisi mereka selama bulan-bulan tahun lalu. Wujud reaksi rakyat Iran di bidang ekonomi adalah peningkatan inisiatif ilmiah dan teknis, peningkatan jumlah perusahaan berbasis ilmu pengetahuan dan peningkatan jumlah pembangunan infrastruktur yang mendasar dalam negeri, termasuk peresmian beberapa fase dan proyek gas alam di selatan negara beberapa hari lalu, dan juga sebelumnya, peresmian kilang besar Bandar Abbas, dan proyek serupa lainnya yang telah dilaksanakan.

Oleh karena itu, bangsa ini telah mampu menunjukkan kekuatan, kebesaran dan keagungannya dalam menghadapi permusuhan dan kejahatan musuh, dan Alhamdulillah, kehormatan bangsa kita, revolusi kita dan Republik Islam telah meningkat.

Masalah mendasar yang dihadapi negara adalah masalah ekonomi, terutama masalah mata pencaharian masyarakat, yang meningkat selama beberapa bulan terakhir. Sebagian dari masalah tersebut adalah karena manajemen yang tidak efisien terkait dengan masalah ekonomi, dan tentunya harus diatasi.

Ada program-program dan langkah-langkah yang telah diadopsi, dan Insya Allah, langkah-langkah ini harus mulai berlaku pada Tahun Baru 1398 Hs, yang dimulai pada hari ini, dan masyarakat harus merasakan efek dari langkah-langkah itu.

Apa yang saya katakan adalah bahwa masalah yang paling mendesak dan serius yang dihadapi negara dan menjadi prioritas negara saat ini adalah masalah ekonomi. Kita menghadapi banyak masalah di bidang ekonomi. Penurunan nilai mata uang nasional adalah masalah penting, dan begitu juga daya beli masyarakat. Di antara masalah lainnya adalah kesulitan yang dihadapi oleh pabrik-pabrik, berkurangnya produksi, dan terkadang penutupan beberapa pabrik.

Berdasarkan apa yang saya pelajari, termasuk pendapat dari para ahli, peningkatan dan pengembangan produksi nasional adalah kunci pemecahan masalah tersebut.

Saya menyebut tahun lalu (1397 Hs) sebagai “Tahun Dukungan untuk Barang-barang Produksi Iran.” Saya tidak bisa mengatakan bahwa moto ini sepenuhnya terwujud, namun, saya dapat mengatakan bahwa moto ini mendapat perhatian luas, dan dalam banyak kasus, moto tersebut disambut oleh masyarakat dan mereka bertindak berdasarkan moto itu, dan pasti akan efektif.

Tahun ini, masalah produksi adalah terpenting. Saya ingin menjadikan masalah produksi sebagai poros aktivitas kita. Insya Allah, saya akan menjelaskan apa yang saya maksud dengan “produksi” ini dalam pidato saya pada hari pertama Tahun Baru.

Jika produksi mendapatkan momentum, itu akan menyelesaikan masalah mata pencaharian masyarakat dan membuat negara ini mandiri dari pihak asing dan musuh. Selain itu, produksi bisa memecahkan masalah pengangguran, bahkan bisa memecahkan masalah penurunan nilai mata uang nasional.

Jadi, menurut saya, masalah produksi adalah masalah penting tahun ini. Oleh karena itu, saya menyatakan bahwa moto tahun ini sebagai “Perkembangan Produksi.” Semua pihak harus melakukan upaya untuk meningkatkan dan mengembangkan produksi di negara ini. Insya Allah, konsep ini harus sangat nyata sepanjang tahun. Jika itu terjadi, saya harap, insya Allah, masalah ekonomi akan terselesaikan.

Salam tulus saya sampaikan kepada Imam Mahdi as, dan semoga doa beliau bersama Anda, saudara-saudaraku yang tercinta. Dan saya berdoa kepada Allah Swt agar melimpahkan kebahagiaan kepada bangsa Iran dan semua bangsa yang merayakan Nowruz.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *