Mahdawiyah

Bahasa Yang Digunakan Saat Kemunculan Imam Zaman Afs

ICC Jakarta – Barangkali akan mengemuka pertanyaan bahwa ketika kelak Imam Zaman dhuhur (muncul) apa bahasa yang akan digunakan oleh orang-orang sedunia dalam komunikasi mereka?

Mengingat bahwa al-Quran dan hukum-hukum Islam menggunakan Bahasa Arab, maka mungkin saja bahasa resmi yang digunakan ketika kemunculan Imam Mahdi Ajf adalah Bahasa Arab.

Sebagaimana hari ini orang-orang menggunakan Bahasa Inggris sebagai Bahasa resmi pergaulan orang-orang sedunia dan dengan kemajuan teknologi, seluruh orang-orang atau kebanyakan orang akan mengenal Bahasa Arab.

  1. Berdasarkan riwayat, Imam Maksum As mengetahui seluruh bahasa dan berbicara dengan setiap orang berdasarkan bahasa yang diketahui oleh orang-orang itu; karena itu, konsekuensi kepemimpinan semesta Imam Mahdi Ajf juga demikian.
  2. Dalam sebuah riwayat disebutkan bahwa tatkala Imam Mahdi Ajf muncul orang-orang yang menyeru tentang kemunculan Imam Mahdi Ajf akan berbicara dengan Bahasa-bahasa yang dipahami oleh setiap bangsa di dunia tentang kemunculan Imam Mahdi Ajf.[1]

[1]. Amili Nabati, Ali bin Muhammad bin Ali, al-Shirāth al-Mustaqim ila Mustahqi al-Taqdim, jld. 2, hlm. 260, Najaf, al-Maktabah al-Haidariyyah, Cetakan Pertama, 1384 H; Syaikh Hurr Amili, Muhammad bin Hasan, Itsbāt al-Hudāt bi al-Nushush wa al-Mu’jizat, jld. 5, hlm. 248, Beirut, A’lami, Cetakan Pertama, 1425 H.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *