Info ICC

Perayaan Syakbaniyah di ICC Jakarta, Selasa, 9/4/2019

ICC Jakarta – Bulan Sya‘ban adalah salah satu penting dalam kalender Hijriah yang memiliki banyak keutamaan dalam hadis-hadis Rasulullah saw dan Ahlul Bait as. Salah satu faktor keutamaan bulan Sya‘ban ini adalah beberapa figur umat dan imam semesta alam lahir pada bulan ini. Seperti kelahiran Imam Husain as pada tanggal 3 Sya‘ban, Abul Fadhl Abbas pada tanggal 4 Sya‘ban, dan Imam Sajjad pada tanggal 5 Sya‘ban. Begitu pula, kelahiran Imam Mahdi as yang jatuh pada tanggal 15 Sya‘ban dan kita kenal dengan nama Nisfu Sya‘ban.

Ketika Imam Husain as lahir, Sang Kakek, Rasulullah saw membacakan azan pada telinga kanannya dan iqamah pada telinga kirinya, kemudian menamai bayi mungil itu dengan nama Husain. Rasulullah saw sangat mencintai cucunda Husain as. Setelah mendapatkan wahyu tentang apa yang akan terjadi pada cucunda ini di masa yang akan datang, beliau bersedih dan menangis atas kekejaman yang akan menimpanya.

Rasulullah saw bersabda, “Husain dariku dan aku dari Husain.” Dialah Imam putra Imam, dan sembilan dari keturunannya akan menjadi imam, dan imam terakhir dari mereka adalah Muhammad Al-Mahdi as. Dia akan muncul di akhir zaman, dan akan memenuhi alam semesta ini dengan keadilan setelah dipenuhi oleh kezaliman.

Pada hari pertama atau hari ketujuh dari kelahiran Imam Husain as, aminul wahyu malaikat Jibril turun ke bumi, mendatangi Rasulullah saww dan berkata: “Salam Allah swt kepadamu wahai Rasulullah saww, berilah nama anak yang baru lahir itu dengan nama putra Harun yaitu Syubair, yang dalam bahasa arab dikatakan Husain. Karena Ali as untukmu bagaikan kedudukan Harun di sisi Musa bin Imran, hanya saja engkau adalah penutup para nabi.”

Bertepatan dengan hari-hari wiladah Imam Husain, Abul Fadhl Abbas dan Imam Sajad, ICC mengundang kaum Muslimin untuk memperingati dan mengambil berkah dari peristiwa agung ini pada hari Selasa, 9 April 2019 jam 19.30 di aula ICC Jakarta. Hikmah dalam peringatan wiladah kali ini akan menghadirkan Ust. Hasan Dalil Alaydrus. []

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *