Islam Indonesia

Tutup Forum Sufi Dunia, Menag: Tasawuf Mampu Merespons Tragedi Kemanusiaan

ICC Jakarta – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin secara resmi menutup Forum Sufi Dunia di Kajen, Pekalongan, Jawa Tengah, pada Rabu (10/4).


Dalam sambutannya, Lukman menyampaikan bahwa masyarakat Muslim Indonesia tidak meragukan peran besar para sufi dalam memperjuangkan dakwah insaniyah (kemanusian) dan wathaniyah (kebangsaan).
Muslim Indonesia, lanjutnya, juga tidak meragukan lagi peran signifikan para sufi dalam tumbuh kembangnya dakwah Islam, kemanusiaan, dan kebangsaan di negeri ini.


Di samping itu, ia juga mengungkapkan bahwa pertemuan yang menekankan peran tasawuf dalam membersihkan hati ini sangat penting untuk menyejukkan situasi kebangsaan di Indonesia, maupun di dunia secara umum.


“Bukan saja tepat bagi suasana bangsa Indonesia saat ini yang sedang menghadapi pesta demokrasi, melainkan juga sangat sesuai untuk merespons suasana batin masyarakat global yang di beberapa tempat masih menghadapi tragedi kemanusiaan entah karena peperangan ataupun persengketaan lainnya,” katanya.


Terakhir, Menteri Agama turut berbahagia dan bersyukur atas terpilihnya Maulana Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Yahya sebagai pemimpin Forum Sufi Dunia. 


“Ini tentu sesuatu yang patut kita syukuri dan marilah kita senantiasa berdoa mudah-mudahan beliau senantiasa dijaga oleh Allah swt. diberikan kekuatan dan terus berkemampuan berada di tengah-tengah kita untuk memberikan nasihat-nasihat, bimbingan, dan segala pengayoman yang terus kita butuhkan hari ini dan di masa-masa mendatang,” pungkasnya.
Dalam penutupan ini, seorang peserta asal Mali, Syekh Yusuf, tampil di atas panggung membacakan syiirnya yang dipersembahkan khusus untuk Maulana Habib Luthfi. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *