Islam Indonesia

Petugas Diminta Dakwahkan Moderasi Beragama kepada Jemaah Haji

ICC Jakarta – Petugas Haji Indonesia diminta untuk dakwah moderasi beragama kepada jemaah. Hal ini disampaikan Staf Ahli Menteri Agama Bidang Manajemen Komunikasi dan Informasi Oman Fathurrahman, saat menjadi Narasumber pada Pembekalan Terintegrasi Petugas Haji Arab Saudi tahun 1440H/2019M, di Jakarta. 

“Nanti kan Bapak Ibu akan banyak bertemu jemaah. Coba untuk berbincang dengan mereka, sehingga bisa menanamkan apa makna dan kesadaran cara beragama. Sehingga bisa menanamkan cara pandang dalam beragama ini,” pesan Oman di hadapan lebih dari seribu peserta pembekalan, Selasa (30/04). 

Dakwah moderasi beragama ditekankan sangat penting bagi para calon jemaah haji Indonesia agar dapat memandang keberagaman dengan cara yang baik serta menempatkan washatiyah Islam dalam praktik beragama saat berada di Tanah Suci.

“Jemaah haji Indonesia yang selama ini terkenal paling santun disarankan menerapkan moderasi beragama dalam memandang keberagaman,” ujar Oman.

Ini menurutnya menjadi peluang bagi umat muslim Indonesia untuk menampilkan bagaimana wajah Islam Indonesia sesungguhnya. “Indonesia yang sangat beragam, tapi mampu memiliki kehidupan beragama yang baik. Ini dapat menjadi contoh bagi masyarakat muslim dunia,” imbuhnya

Hal kedua yakni pentingnya membangun infrastruktur, dalam wujud menyiapkan tuntunan manasik haji yang kaya perspektif dan imajinatif.

Selanjutnya yakni penting memberikan teladan/ perilaku dalam memberikan contoh sikap, adil, dan seimbang dalam beribadah.

“Ini agar pada saatnya nanti akan ada peningkatan kualitas kemambruran para jamaah haji,” katanya. (Kemenag)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *