Al-Quran

Serangkaian Pesan dan Tuntunan Praktis Al-Quran dalam Wejangan Imam Ali Khamenei

ICC Jakarta – Sebagai sebuah tradisi, Festival Al-Quran diselenggarakan pada setiap awal bulan Ramadan. Kali ini, Festival Al-Quran (25/04) dihadiri oleh Imam Ali Khamenei dan disiarkan melalui layar televisi. Sejumlah qari’ unggulan turut hadir.

Imam Ali Khamenei juga memberikan wejangan kepada lembaga nasional penanggulangan Covid-19.

Pada penutup acara ini, Imam Ali Khamenei mendeskripsikan Al-Quran sebagai buku way of life bagi setiap manusia, petunjuk yang membawa kebahagiaan bagi mereka di dunia dan akhirat.

Al-Quran juga berpesan kepada kita agar optimis terhadap Allah dan tegar dalam menghadapi musuh, sekalipun kita dipaksa tunduk kepada mereka.

Pada usianya yang ke-81, Imam Ali Khamenei menyoroti bahwa satu-satunya jalan untuk menyelamatkan manusia dari penindasan, bias, peperangan, penggerusan nilai-nilai, dan distabilitas keamanan ialah dengan melaksanakan ajaran-ajaran Al-Quran seraya berkata, “Ada tuntunan praktis dalam Al-Quran sebagai prinsip-prinsip kehidupan. Jika prinsip kehidupan kita bertopang pada harta dan syahwat, niscaya manusia akan terhalang dari kehidupan nyata dan akhirat. Sementara jika manusia menjadikan kebajikan dan perbaikan sebagai titik fokusnya, niscaya mereka akan mewujudkan tujuan sejati dan nyata dalam kehidupan selain kepentingan duniawi.”

Imam Ali Khamenei juga menyoroti pemanfaaatan aneka nikmat dari Allah berupa harta dan energi demi menolong kaum miskin dan seluruh manusia lain sebagaimana hal itu tercermin dari tuntunan praktis Al-Quran.

Menurutnya, amal yang terkandung dalam ayat-ayat Al-Quran menuntun kita untuk mengorganisir kondisi sosial yang rapi sehingga Al-Quran melarang kita absen dari masyarakat dan bersikap adil dalam menghadapi para musuh dan penentang.

Imam Ali Khamenei juga menekankan agar tidak mengekor kepada tema-tema yang belum pasti kebenarannya. Hal ini sebagaimana salah satu tuntunan Al-Quran. Inilah salah satu problematika jurnalisme di dunia saat ini yang tidak mengindahkan hal tersebut sehingga dengan leluasa menyebarkan isu-isu dan propaganda media.

Selain itu, Al-Quran berpesan agar tidak memercayai para penindas dan agar membenci mereka. Kita tidak boleh gentar terhadap musuh dan melawan mereka dengan keteguhan serta kemantapan. Hal itu merupakan tuntunan penting dari Al-Quran.

Kondisi terkini sebagian negara-negara Islam dan ketundukan mereka di hadapan kekuatan arogan dunia merupakan hasil dari ketakutan mereka terhadap musuh-musuh Islam.

Imam Ali Khamenei juga mengingatkan pelajaran penting dari Imam Khomeini yang pernah menyatakan, “Takut terhadap Amerika akan merundung masalah bertubi-tubi. Kita menyaksikan beberapa tahun lalu sebagian pemerintahan kita yang dihantui rasa takut terhadap Amerika lambat laun terjerumus dalam pelbagai permasalahan yang pelik.”

Imam Khamenei juga menyampaikan pesan agar mendirikan salat dengan penuh perhatian, menjaga amanat, menghidupkan zikir kepada Allah, taubat, memohon ampunan dari Allah Swt khususnya pada hari-hari penuh berkah di bulan Ramadan ini. Hal itu semua akan memuluskan jalan menuju ketinggian spiritual.

Imam Ali Khamenei menutup uraiannya dengan memohonkan taufik kepada Allah Swt atas seluruh bangsa-bangsa dan kaum Muslimin, khususnya negara-negara Islam agar dapat melaksanakan tuntunan praktis dari Al-Quran yang merupakan resep penyembuhan.

sumber: safinahonline

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *