Fikih

Amalan Khusus Malam Pertama Bulan Ramadhan

Pertama: Membaca doa ketika melihal hilal
Kedua: Membaca doa malam Pertama Ramadhan
Ketiga: Sunnah melakukan hubungan suami-isteri pada awal bulan Ramadhan, sementara diawal bulan-bulan yang lain hukumnya makruh.
Keempat: Mandi Sunnah pada awal malam bulan Ramadhan.
Kelima: Disunnahkan mandi di sungai (atau yang lain) yang airnya mengalir. Menyiramkan air dari kepala tiga puluh kali agar memperoleh kesucian batin untuk menyongsong bulan Ramadhan.
Keenam: Ziarah (membaca doa ziarah) kepada Al-Husein (sa).
Ketujuh: Memulai shalat 1000 rakaat (caranya lihat di bagian Amalan dan Doa di malam-malam Ramadhan).
Kedelapan: Shalat dua rakaat pada malam ini, setiap rakaat setelah Fatihah membaca Surat Al-An’am, kemudian mohon perlindungan kepada Allah dari apa saja yang dikhawatirkan dan segala penyakit.
Kesembilan: Membaca doa sesudah shalat Maghrib sambil mengangkat tangan.
Kesepuluh: Membaca doa haji
Kesebelas: Membaca Doa Shahifah Sajjadiyah ke 44.
Kedua belas: Membaca Doa berikut ini:

اَللّهُمَّ اِنَّ هَذَا شَهْرُ رَمَضَانَ اَللّهُمَّ رَبَّ شَهْرِ رَمَضَانَ، الَّذي اَنزَلْتَ فِيهِ الْقُرْآنَ، وَجَعَلْتَهُ بَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ، اَللّهُمَّ فَبَارِكْ لَنَا فِي شَهْرِ رَمَضَانَ، وَاَعِنَّا عَلَى صِيَامِهِ وَصَلَوَاتِهِ وَتَقَبَّلْهُ مِنَّا

Allâhumma innâ hâdzâ syahru ramadhân. Allâhumma Rabba syahri ramadhân, alladzî anzalta fîhil qur-ân, wa ja’altahu bayyinâtim minal hudâ wal-furqân. Allâhumma fabârik lanâ fî syahri ramadhân, wa a’innâ ‘alâ shiyâmihi wa shalawâtihi wa taqabbal minnâ.

Ya Allah, bulan ini adalah bulan Ramadhan. Ya Allah, Tuhan bulan Ramadhan, yang menurunkan Al-Qur’an di dalamnya, dan menjadikannya keterangan dari petunjuk dan penjelasan. Ya Allah, berkahi kami di bulan Ramadhan, bantulah kami untuk melaksanakan puasa dan shalat di dalamnya, dan terimalah puasa dan shalat kami di dalamnya.

Ketiga belas: Membaca doa Rasulullah saw di malam pertama Ramadhan
Keempat belas: Membaca doa Jawsyan Kabir (Seribu Asma Allah)
Keenam belas: Memperbanyak baca Al-Qur’an, dan membaca doa sebelum dan sesudah membaca Al-Qr’an, doanya lihat di bagian doa-doa pilihan, doa umum.
(Mafâtihul Jinân: bab 2, pasal 3)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *